Kamis, 28 Juni 2012

10 Tips Mendapatkan Hasil Foto Keren

Hy blogger, kali ini gw akan bahas tentang fotografi. Kalo ada yg hobby foto foto, gw kasih tips tipsnya nih. Langsung aja..
  • Lihat subyek Anda tepat di matanya
Saat mengambil foto seseorang, arahkan kamera Anda sejajar dengan matanya(eye-level angle) agar dapat menangkap pandangan yang terkesan misterius atau mungkin senyum mempesonanya. Eye-level angle akan menciptakan kesan personal yang mengundang Anda untuk berlama-lama  melihat foto tersebut.

  • Gunakan background polos
Background yang minim distraksi akan membuat subyek Anda terlihat menonjol. Saat Anda melihat viewfinder, perhatikan dengan seksama area di sekitar subyek Anda. Pastikan tidak ada tiang yang seakan tumbuh dari kepala keponakan favorit Anda, atau mobil yang seakan keluar dari telinganya.

  • Gunakan Flash di luar ruangan
Sinar matahari dapat menciptakan bayangan-bayangan gelap pada area wajah, tentu ini tidak menarik. Kurangi bayangan ini dengan menggunakan flash untuk menerangi bagian wajah. Ketika mengambil foto-foto orang di hari yang cerah, aktifkan flash Anda.

  • Bergeraklah mendekat
Jika subyek Anda lebih kecil dari ukuran mobil , bergeraklah mendekat selangkah/dua langkah sebelum mengambil foto. Tujuannya adalah untuk membuat hasil foto yang terlihat penuh. Dengan mendekat pada subyek Anda dapat memperlihatkan detail-detail secara lebih jelas, seperti mata atau alis yang indah. Akan tetapi jangan pula terlalu dekat atau hasil foto Anda akan menjadi ‘blurry’.

  • Geser subyek foto dari tengah
Menempatkan subyek foto di tengah adalah hal membosankan. Buatlah foto Anda terlihat mengesankan, cukup dengan cara menggeser subyek dari tengah komposisi foto Anda. Letakkan subyek di sisi kiri atau kanan dan sisakan ruang kosong di sebelahnya. Dalam teknik komposisi, ini dinamakan komposisi 1/3 bidang.

  • Kunci Fokus Anda
Jika subyek Anda tidak terletak di tengah foto, Anda harus mengunci fokus untuk menghasilkan foto yang lebih tajam. Kebanyakan auto-fokus pada kamera-kamera yang ada akan fokus pada apapun yang terletak di tengah viewfinder.
Cara mengunci fokus: pertama, letakkan subyek Anda di tengah lalu tekan setengah saja shutter kamera dan tahan. Kedua, geser kamera (sambil tetap menahan shutter) agar subyek tidak terletak di tengah lagi. Terakhir, tekan shutter Anda sepenuhnya dan dapatkan hasil foto yang tajam.

  • Ketahui jarak jangkau flash Anda
Kesalahan utama dari penggunaan flash adalah mengambil gambar-gambar lebih dari jarak jangkau(range) flash. Mengapa ini disebut kesalahan? Karena foto yang diambil terlalu jauh dari range flash akan menjadi terlalu gelap. Untuk kebanyakan kamera, range flash yang maksimum adalah sekitar empat langkah kaki.

  • Perhatikan cahaya
Selain dari subyek, elemen paling penting dari semua foto adalah cahaya. Cahaya mempengaruhi semua yang Anda potret. Pada nenek Anda misalnya, cahaya matahari dari arah samping akan membuat keriput-keriput terlihat amat jelas. Tetapi cahaya lembut dari cuaca yang berawan dapat membuat keriput-keriput itu terlihat berkurang.

  • Ambillah foto-foto vertikal
Hampir semua hal tampak lebih indah pada foto-foto vertikal. Seperti misalnya mercusuar di tepi jurang, atau keponakan kecil yang sedang bermain lompat-lompatan. Jadi, lain kali Anda memotret, cobalah membalikkan kamera dan ambil foto-foto vertikal Anda.

  • Jadilah fotografer sekaligus sutradara
Ambil kendali dari photoshoot Anda dan perhatikan perubahan dramatis pada hasil foto Anda. Jadilah sutradaranya, bukan sekedar fotografer pasif. Arahkan subyek foto Anda, seperti 1.menentukan lokasi, “Ayo semua berkumpul di halaman!”  2.Menambahkan properti “anak-anak,pakai kacamata pink kalian”. 3.Mengatur letak subyek, “sekarang ayo mendekat dan membungkuk ke arah kamera!”. Dengan cara ini hasil foto Anda tidak akan lagi terlihat membosankan.

Praktekkan tips-tips di atas dan percayalah hasil foto Anda akan terlihat lebih menarik dan tentunya keren!

Sumber: Kodak.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar